-->

Kesulitan Penambangan Bitcoin Diperkirakan Akan Melihat Lompatan Tertinggi Sejak Januari

source canva.com

Kesulitan menambang Bitcoin (BTC) minggu ini diperkirakan akan meningkat paling tinggi sejak Januari tahun ini setelah hashrate pada jaringan telah mengalami peningkatan yang signifikan selama 11 hari terakhir.

Per data dari BTC.com, perkiraan untuk penyesuaian kesulitan berikutnya – diharapkan terjadi pada hari Rabu – adalah +6,63%, naik dari 28,35 T saat ini menjadi 30,23 T.

Itu akan menandai penyesuaian ke atas tunggal paling tajam sejak 21 Januari tahun ini, ketika tingkat kesulitan naik 9,32%.

Jika tingkat kesulitan meningkat ke atas seperti yang diharapkan minggu ini, itu akan membawa kesulitan penambangan Bitcoin ke level tertinggi ketiga yang pernah ada. Rekornya adalah 31,25 T pada bulan Mei, dan tertinggi kedua adalah 30,28 T pada bulan Juni, setelah itu tingkat kesulitan turun lagi, menurut data dari BTC.com.

Kesulitan penambangan Bitcoin adalah ukuran seberapa sulit bersaing untuk mendapatkan hadiah penambangan. Tingkat kesulitan secara otomatis disesuaikan kira-kira setiap dua minggu untuk memastikan ada 10 menit antara setiap blok yang ditambang.

Penyesuaian tajam terjadi setelah hashrate pada jaringan Bitcoin – atau jumlah daya komputasi yang didedikasikan untuk mengamankannya – juga meningkat tajam selama 11 hari terakhir. Dibandingkan dengan terendah pada 8 Agustus 198.4 Ehash/s, hashrate pada hari Senin mencapai 231,5 Ehash/s (berdasarkan rata-rata pergerakan 7 hari), data BitInfoCharts menunjukkan.


Penyesuaian ke atas yang diharapkan akan menandai peningkatan kesulitan ketiga berturut-turut untuk jaringan Bitcoin setelah melihat tiga pengurangan berturut-turut pada bulan Juni dan Juli.


Seiring dengan meningkatnya kesulitan dan total hashrate, penurunan profitabilitas penambang juga telah diamati. Per BitInfoCharts, profitabilitas penambangan telah turun secara konsisten sejak 18 Agustus, ketika mencapai USD 0,109 per THash/dtk (berdasarkan rata-rata pergerakan 7 hari).

Pada hari Senin, profitabilitas turun menjadi hanya USD 0,082 per THash/s.


Pada 9:30 UTC pada Senin pagi, BTC diperdagangkan pada 19.832. Itu turun 1% dalam sehari dan 8% dalam sebulan. Secara keseluruhan, harga turun 17% dalam sebulan dan 60% dalam setahun.

LihatTutupKomentar